Bumbu dasar, masak jadi cepat

Pernah g sih bunda merasakan repot banget di dapur, bingung mau masak apa, pas masak ternyata ada bumbu yang kurang dan ternyata setelah beres semua si kecil susah makannya alias g mau makan masakan kita yang dibuat penuh cinta dan perjuangan itu. duh... rasanya pengen nangis bombay deh.

Tapi sabar bunda, g sendiri kok banyak bunda-bunda lain yang seperjuangan. Kemarin saya gabung dalam group masakan keluarga. disana sana mendapatkan tambahan ilmu dan tips yang mungkin bisa menjadi solusi bagi sebagian tantangan yang kita hadapi dirumah terutama di dapur.
Dan ternyata untuk semua proses memasak kita, untuk beberapa ujicoba resep yang akan kita lakukan supaya lebih  cepat dan mudah.

Salah satu caranya yaitu mencicil membuat bumbu yang menjadi dasar dalam membuat berbagai olahan keluarga. Untuk simplenya ada pure bawang putih, pure bawang merah dan pure cabai.

Sebelum kita masuk kedalam tahap membuat pure bumbu dasar tersebut, disini akan diberikan tips bagaimana mebupas bawang dengan cepat dan tanpa berurai air mata.

1. Agar bawang putih lebih mudah dikupas tanpa menimbulkan rasa perih di tangan caranya yaitu dengan merendam bawang putih dalam air sekitar 10-15 menit, lalu kupas. Insyaa Allah akan lebih mudah, cepat, dan bersih hasilnya tanpa membuat tangan Bunda perih.

2. Agar bawang merah tidak menimbulkan rasa pedih di mata saat dikupas, caranya simpan bawang merah di kulkas dalam wadah/plastik tertutup rapat sampai bawang dingin. Kemudian baru dikupas dengan pisau yg tajam. Insyaa Allah meminimalisasi keluarnya gas bawang yang bikin pedih di mata.

3. Kalau Bunda biasa masak pake bawang yang dirajang, Bunda bisa nyetok bawang kupasan ini di kulkas. Tapiiii jangan lupa dimasukin wadah/plastik tertutup rapat agar gasnya ga ke mana-mana ya, Bun.

Gasnya ini yang bikin sayuran atau buah-buahan di dalam kulkas cepet menguning, layu, dan busuk.

Bawang kupasan ini insya Allah akan tetap baik 3--7 hari ke depan. Kalau kelamaan di kulkas bisa kering, berjamur, atau busuk, jadi ngupasnya secukupnya aja ya, Bun. Hehe.

Kapan kupas-kupasnya?

Naah ngupas-ngupasnya bisa dilakukan saat Bunda senggang, misalnya pas anak-anak bobo atau sebelum Bunda beranjak tidur di malam hari.

Gampang kan, Bun?

Sekarang bagaimana cara membuat bumbu dasarnya,
Untuk membuat bumbu dasar pure bawang putih caranya sebagai berikut:

1. Haluskan atau blender bawang putih yang sudah dikupas dengan tambahan air secukupnya.

2. Panaskan pure bawang putih tersebut hingga airnya menyusut.

3. Setelah airnya menyusut, masukkan minyak goreng. Goreng pure bawang putih hingga matang dan mengeluarkan minyak. Jangan lupa tambahkan sedikit garam agar pure lebih tahan lama dan aduk terus saat menggoreng agar bawang putih tidak gosong.

4. Setelah matang, dinginkan.

5. Setelah pure bawang putih dingin, masukkan pure bawang putih tersebut ke dalam wadah tertutup rapat. Lalu simpan di kulkas. Pure ini akan tetap baik 2 minggu--1 bulan di dalam kulkas.

6. Bunda, tinggal sendok sedikit pure bawang putih saja saat memasak karena pure ini cukup padat dan rendah kadar airnya. Jadi, pakai sedikit saja sudah terasa.. Waahh jadi lebih hemat kan, Bun..


Cara membuat bumbu dasar pure bawang merah :

1. Haluskan/ blender bawang merah dengan tambahan air secukupnya.

2. Panaskan pure bawang merah hingga airnya menyusut.

3. Setelah airnya menyusut, tambahkan minyak goreng dan sedikit garam. Aduk-aduk hingga bawang merah matang dan mengeluarkan minyak.

4. Setelah matang, dinginkan.

5. Setelah pure bawang merah dingin, masukkan ke dalam wadah tertutup rapat. Lalu simpan dalam kulkas. Pure ini akan tetap baik 2-3 minggu.


Cara membuat bumbu dasar pure cabe merah: 

1. Rebus cabe merah yang sudah  sudah di cuci bersih hingga matang. Dinginkan.

2. Haluskan/ blender cabe merah dengan tambahan air secukupnya.

3. Panaskan pure cabe merah hingga airnya menyusut.

4. Setelah airnya menyusut, tambahkan minyak goreng dan sedikit garam. Aduk rata hingga matang dan mengeluarkan minyak.

5. Setelah matang, dinginkan.

6. Setelah pure cabe merah dingin, masukkan ke dalam wadah tertutup rapat. Lalu simpan di kulkas. Pure cabe merah ini akan tetap baik 2-3 minggu.

Naahh, ketiga jenis bumbu dasar tersebut adalah modal utama Bunda untuk masak appaaaa saja.. baik tumisan, gorengan, atau masakan berkuah.

Bunda tinggal memadupadankan saja bumbu dasar tersebut. Jadi, Bunda sudah bisa memangkas waktu untuk mengupas, menghaluskan/merajang, menumis bumbu, dan mencuci cobek/blender setiap kali memasak. Terbayangkan, Bun, betapa Bunda akan cepat sekali menyelesaikan beberapa menu masakan hanya dalam bbrp menit saja. cukup sendok-sendok aja pas masak. Mudah kan bun?

Semangat menyajikan masakan yang sehat, enak, tentunya mudah dan cepat....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar